Jumat, 03 Desember 2010

Taliban Taliban Ucapkan Selamat Kepada Belanda Yang Menarik Pasukannya

KABUL - 250 kontingen tentara Belanda akan ditarik pada hari Ahad besok, setelah mereka berpartisipasi dalam misi NATO yang malah semakin memporak-porandakan Afghanistan.

Hampir 2.000 tentara Belanda telah dikerahkan di wilayah Uruzgan, di mana Taliban aktif bergerilya di daerah tersebut.

Qari Yusuf Ahmadi, jurubicara Taliban, mengatakan kepada surat kabar Volksrant bahwa dia memandang ke depan agar negara-negara lain mengikuti contoh "berani" Belanda.

"Kami ingin menawarkan warga negara dan pemerintah Belanda ucapan selamat dari kami karena kalian memiliki keberanian untuk mengambil keputusan ini secara independen," katanya.

"Kami berharap negara-negara lain dengan tentara yang ditempatkan di Afghanistan akan mengikuti contoh Belanda dan menarik pasukan mereka."

Pemerintah Belanda "runtuh" pada Februari lalu setelah Partai Buruh, anggota koalisi, menolak untuk mendukung permintaan NATO untuk memperluas kehadiran Belanda di Afghanistan sampai Agustus 2011.

"Partai Buruh telah membuat salah satu keputusan yang paling penting bagi pemerintah Belanda dan warga negara," kata juru bicara Taliban.

Dua puluh empat tentara Belanda telah tewas dan 140 lainnya cedera selama empat tahun terakhir. Amerika dan pasukan Australia akan mengambil alih peran militer Belanda mulai tanggal 1 Agustus. [muslimdaily.net/telegh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar